Monday, May 27, 2013

Cara Install Ulang Windows 7

"Cara Install Ulang Windows 7". Baru pertama kali mengalami masalah seperti berikut, karena biasanya windows 7 akan di install di komputer yang terbilang baru. jadi biasanya masalah seperti kerusakan hardware sangat kecil sekali kemungkinan terjadi.
Namun entah karena apa, masalah ini terjadi di komputer user 3 buah motherboard gigabyte GA-945SGCM-S2L dengan processor Core 2 Duo 2.93 Ghz tiba - tiba tidak bisa muncul bios, hanya blank screen tanpa ada reaksi apa - apa. dan salah satunya sudah terpakai hampir 1 tahun dengan windows 7 di dalamnya.
Solusi yang harus dilakukan untuk masalah seperti ini adalah :

  1. dilakukan pergantian hardware, khususnya motherboard. namun untuk data, program dan settingan tidak hilang
  2. dilakukan re-install windows 7 tanpa harus melakukan format harddisk.
Berikut langkah - langkah untuk melakukan Re-Install Windows 7 :
  1. Nyalakan komputer anda dan booting dengan menggunakan cd windows 7. ketika muncul pilihan untuk melakukan installasi, klik "Next"
    Re-Install Windows 7
  2. Pada layar bagian bawah terdapat option untuk melakukan repair terhadap komputer kita, pilih option repair 
    Re-Install Windows 7
  3. Windows 7 akan otomatis melakukan scanning terhadap harddisk anda, lau akan otomatis melakukan diagnosis atas error yang terjadi, dan akan berusaha melakukan repair otomatis terhadap windows anda. Namun usaha yang di lakukan windows akan gagal, jika gagal ulangi langkah - langkah diatas sampai ke point dimana anda menemukan layar seperti dibawah .
    Re-Install Windows 7
  4. Pilih command prompt sehingga anda bisa mengetikkan command yang meminta windows 7 untuk menambahkan driver yang ada di DVD ROM pada saat pertama kali booting
    dism /image:c:\ /add-driver /Driver:X:\ /recurse

    ganti "X" dengan drive DVD ROM
  5. Setelah selesai tinggal tekan ENTER, tunggu sampai proses menyertakan driver yang ada di  DVD ROM selesai kemudian restart windows 7, maka windows 7 akan booting kembali dan tidak ada blue screen karena pergantian hardware.
  6. Done...

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger