Monday, June 17, 2013

Membetulkan Inbox Thunderbird yang Full

Membetulkan Inbox Thunderbird yang Full
Membetulkan Inbox Thunderbird yang Full. Bagi kalian yang bekerja dengan email pasti pernah mengalami masalah folder di inbox full karena terlalu banyaknya email yang masuk dari hari ke hari, di thunderbird inbox yang penuh (full) di tandai dengan adanya warning "The folder inbox is full, can't hold any more messages".

Adapun cara - cara normal untuk mengatasi hal seperti ini adalah sebagai berikut :
1. Pindahkan email - email lama anda ke dalam folder baru
2. Lakukan compact pada folder inbox anda. compact berguna untuk mereset atau menyamakan ukuran file di folder windows dengan ukuran sebenarnya email anda, jadi ketika anda hanya menghapus email inbox anda tanpa melakukan compact maka ukuran file di windows tidak akan berkurang.
3. restart thunderbird anda, coba untuk melakukan send and received.

Hal tersebut adalah cara - cara yang biasanya dilakukan jika folder inbox penuh, lalu bagaimana jika hal tersebut sudah dilakukan namun anda masih mendapatkan pesan error bahwa folder inbox full ?
Windows dengan filesystem NTFS 1 file bisa mencapai ukuran 4.2G, untuk Windows dengan filesystem FAT32 1 file hanya bisa mencapai ukuran 2G.

Biasanya ketika ukuran 1 file thunderbird sudah mencapai maksimal nya file tersebut menjadi tidak konsisten,  meskipun sudah di compact bekali - kali namun ukuran nya tidak berkurang atau tetap 4,2G oleh karena itu perlu di lakukan cara - cara seperti berikut :
1. Buka windows explorer, navigasikan ke "C:\Documents and Settings\users\Application Data\thunderbirds\Profiles\random.default\Mail\folder_email"

Membetulkan Inbox Thunderbird yang Full

2. Folder - folder yang ada di gambar di atas mempresentasikan folder - folder yang ada di email thunderbirds anda. Jika yang penuh adalah folder inbox maka dapat diketahui melalui sizenya, pada gambar diatas dapat di ketahui bahwa ukuran terbesar adalah Trash dengan ukuran sekitar 1,6GB.
3. Setelah mengetahui ukuran file yang penuh maka buka lah aplikasi thunderbird anda, navigasikan ke folder yang penuh.
4. Buat folder baru dengan nama backup, pindah kan semua email dari folder yang penuh ke dalam folder backup. select email yang akan di pindahkan kemudian klik kanan pilih Move To

Membetulkan Inbox Thunderbird yang Full

5. Ketika semua email sudah 100% anda pindahkan ke folder backup, buka kembali windows explorer seperti pada langkah 1. Jika yang penuh adalah folder Inbox maka yang perlu anda hapus adalah Inbox.msf dan Inbox, pasti ada 2 file yang perlu dihapus. hal ini juga berlaku untuk folder default thunderbird (Sent, Draft, Trash dan Inbox). Ketika penghapusan dilakukan aplikasi thunderbird harus dalam keadaan tertutup.
6. Setelah di hapus, buka thunderbird anda folder Inbox yang anda hapus tadi akan muncul kembali namun dengan email yang masih kosong dan ukuran masih 0 KB, pindahkan email yang ada di backup ke dalam folder aslinya.
7. Selesai email anda kembali seperti semula dan error "The folder inbox is full, can't hold any more messages" tidak akan muncul kembali.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger