Monday, July 15, 2013

Cara rooting Samsung Galaxy Y GT-S5360

Cara rooting Samsung Galaxy Y GT-S5360. Rooting adalah hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan Samsung Galaxy Y anda. Dengan rooting device anda akan kehilangan garansinya, manun jangan terlalu khawatir karena kita bisa melakukan un-root device kita kembali.

Cara rooting Samsung Galaxy Y GT-S5360
Keuntungan :
1. device anda bisa dilakukan optimalisasi, dengan menginstall aplikasi untuk melakukan overclock pada processor di device anda.
2. uninstall atau menghapus program yang berada di /system, hal ini biasanya di lakukan untuk mengurangi pemakaian memory pada /system
3. menginstall program yang membutuhkan akses ke root. banyak program di market yang mungkin berguna bagi kita yang memerlukan akses ke root. seperti link2sd, simple2sd, dll program - program tersebut akan memindahkan aplikasi agar bisa di simpan di sd card sehingga tidak membebani device memory kita.
4. dan banyak lagi.

selain keuntungan yang sudah di sebutkan di atas rooting juga memiliki beberapa keburukan, seperti garansi device anda akan tidak di akui oleh dealer resmi jika anda ketahui sudah me root device anda. Anda bisa dengan tidak sengaja menghapus file yang berada di /system sehingga menyebabkan device anda tidak bisa boot, dsb.

Langkah - Langkah nya :

Langkah 1 - baterai yang ada harus lebih dari 60%, agar device anda tidak kehabisan baterai ketika proses rooting.

Langkah 2 - download update.zip dan letakkan di sd card. jangan dimasukkan ke dalam folder biarkan diluar folder dari sd card anda.

Langkah 3 - langkah ini bisa dilakukan bisa tidak, namun sangat di sarankan untuk dilakukan. backup contact, message, phone book dan sebagai nya. untuk menghindari hal - hal yang terjadi di luar rencana.

Langkah 4 - matikan device anda. tekan tombol home + power + volume atas secara bersamaan sampai logo samsung muncul, kombinasi tombol ini digunakan agar device anda masuk ke dalam recovery mode

Langkah 5 - gunakan tombol volume untuk navigasi atas dan bawah, tombol home untuk memilih dan tombol power untuk kembali, di recovery mode touch screen tidak akan berfungsi.

Langkah 6 - arahkan curso ke "Apply update from sd card"

Langkah 7 - pilihlah update.zip yang ada di dalam sd card, pilih "Yes" ketika ada pertanyaan yang muncul.
Langkah 8 - tunggu process rooting sampai selesai, kemudian pilih "Reboot system now".

Langkah 9 - tunggu device anda sampai nyala dengan sempurna, cari aplikasi superuser di menu aplikasi anda. lakukan update terhadap binary nya.

Langkah 10 - Selamat anda sudah berhasil melakukan rooting Samsung Galaxy Y GT-S5360.

NOTE : 
Langkah - langkah diatas hanya bisa dilakukan dan hanya boleh di terapkan pada handphone Samsung Galaxy Y (GT-S5360) jangan pernah mencoba menjalankan langkah - langkah di atas dengan menggunakan handphone type lain.

2 comments:

Unknown said...

kalau di un-root bisa gak gan?

AS said...

@Didiek Bagus Isworo
bisa gan cuma harus manual, dan takutnya salah :
1. install root explorer
2. hapus superuser.apk di /system/app
3. hapus semua file di /system/xbin/

tapi sebaiknya nunggu tutorial un rootnya saja gan.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger